Pages

Minggu, 12 Juni 2016

TUGAS MANAJEMEN STRATEGIK

MITRA 10 (PT.CATUR MITRA SEJATI SENTOSA)

STRATEGY DAN TAKTIK PERUSAHAAN








STRATEGY DAN TAKTIK PERUSAHAAN SERTA CARA MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN STRATEGY KE PERUSAHAAN
Sebelumnya saya akan membedakan istilah strategy dan taktik perusahaan yang sering kita dengar, yang kata orang SAMA namun BEDA.   
Strategi adalah pendekatan (cara) umum yang dilakukan suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai dan memperoleh tujuan. Sedangkan taktik adalah cara-cara yang bersifat spesifik yang dilakukan untuk menerapkan strategi yang dipilih.
                                          
PT.CATUR SENTOSA ADIPRANA 
SEKILAS PERUSAHAAN CSA


     Pada tahun 1966, Eka Sentosa (Alm.) bersama dengan Darmawan Putra Totong membuka toko cat kecil berukuran 40m2 di Jalan Gajah Mada 56, Jakarta. Toko ini diberi nama “Toko Tjat Sentosa” yang menjual produk cat yang masih jarang saat itu. Tidak hanya menjual cat, usaha terus berkembang dengan menjual bahan bangunan dengan produk yang lebih beragam.
      Sejalan dengan perkembangan usaha pada tahun 1970, Budyanto Totong dan Totong Kurniawan bergabung di toko tersebut dan bersama dengan saudara-saudaranya melakukan rencana agresif. Mereka melihat peluang tidak sekadar mengambil barang dan menjual di toko, tetapi mengambil barang dan menjual ke toko-toko yang lain. Mulailah perintisan usaha sebagai distributor bahan bangunan dengan modal kepercayaan.
      Usaha distribusi semakin berkembang dan besar dari tahun ke tahun, mulai terpikirkan untuk membentuk sebuah manajeman moderen. Untuk menopang usaha tersebut didirikanlah PT Catur Sentosa Adiprana (“CSAP”) pada bulan Desember 1983.



      Tidak berhenti sampai di situ, pada tahun 1997 Budyanto Totong melihat kesempatan lainnya yaitu bisnis ritel moderen dengan memperkenalkan konsep “one stop shopping” bahan bangunan di Indonesia dengan brand Mitra10. Bisnis ini dikembangkan dengan tujuan untuk menangkap peluang adanya perubahan pola berbelanja dari tradisional ke moderen, memperkuat sinergi dengan Prinsipal, transaksi yang berbasis tunai, dan memberikan margin keuntungan yang lebih tinggi.
       Untuk terus bertumbuh dan mengembangkan kegiatan usahanya, Perseroan kembali memperkuat struktur permodalannya melalui proses Initial Public Offering. Perseroan telah menjadi anggota Bursa Efek Indonesia dan telah mencatatkan sahamnya pada tanggal 12 Desember 2007.

Visi, Misi dan Nilai &Tujuan
VISI :
Menjadi Perusahaan Nasional terdepan di bidang Distribusi & Logistik, dan Ritel di Indonesia dan Asia Tenggara
MISI :  
1. Mengutamakan kepentingan bersama bagi semua pihak terkait 
2. Memberikan pelayanan terbaik 
3. Meningkatkan Manajemen Supply Chain dan Inovasi Produk secara berkesinambungan 
4. Kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat 
5. Mengoptimalkan sumber daya manusia 
NILAI : 
Integritas 
Inovasi 
Penghargaan kepada sumber daya manusia
TUJUAN :
1. one stop shopping in mitra10 
2. bertumbuh dan mengembangkan mitra 10 
SASARAN :
2.4 Triliun per tahun

 
STRATEGY PT.CATUR MITRA SEJATI SENTOSA (MITRA10)
  • Konsolidasi atas seluruh unit usaha CSAP.
  • Integrasi sistem manajemen rantai pasokan (supply chain management system) untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi.
  • Memanfaatkan keunggulan teknologi informasi di semua aspek yang telahdiimplementasikan oleh Perseroan antara lain penggunaan teknologi informasi.
  • Pembangunan dan perbaikan sarana dan fasilitas kantor dan pergudangan di cabangcabang yang membutuhkan. 
  • Program pelatihan sumber daya manusia untuk menunjang pengembangan bisnis Perseroan Penambahan mitra Prinsipal dan pemasok baru serta mempertahankan kerja sama distribusi yang sudah ada melalui peningkatan standar mutu pelayanan. 
 TAKTIK PT.CATUR MITRA SEJATI SENTOSA (MITRA10) 
  •  PT.CMSS(Mitra10) yang menggunakan promosi online sebagai saranapemasarannya.Dengan promosi online mitra 10 bisa menjaangkau cutomer sebanyak-banyaknya di indonesia dan asia tenggara, dengan memberi banyak informasi dan juga mudah untuk membeli barang di mitra10.Contoh promosi online: wibsite.iklan online.facebook.dll
  • Selain promosi online Mitra 10 juga menggunakan promosi offline, Sehingga mitra 10 bisa lebih dekat dengan customer dan jga bisa memberi pelayanan yang memuaskan.Contoh promosi offline: Sebar brosur.promo koran.dll
  • Mitra 10 juga menggunakan taktik membership mitra10.dengan mempunyai member otomatis pelanggan mendapatkan tambahan discount 3%.dengan begitu mitra 10 bisa menggait customer lebih banyak.
  • Dan juga taktik yang digunakan mitra10 adalah banding harga (Price), dengan motto ada yg selisih 2x lebih murah dari mitra akan mengganti.dengan begitu customer akan berfikir dan yakin kalau harga di mitra 10 memang murah.
  • Dan juga tidak lupa taktik pelayanan dari pegawai mitra sendiri yang selalu di training dan penguasaan product sehingga membuat customer nyaman dan puas berbelanja di mitra 10.
CARA MITRA 10 MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN STRATEGY KE PERUSAHAAN
Cara mitra 10 mengimplementasikan manajemen strategy ke perusahaan yaitu dengan mengusung tema WE SERVE Yang berarti "Bersama kita melayani". dengan tema ini semua karyawan akan selalu teringat akan kata itu sehingga saat melayani customer akan di layani sepenuh hati.
Tema tersebut juga berlaku untuk semua karyawan yang artinya karyawan juga saling membantu antar karyawan dan antar departement, sehingga semua saling menghargai dan rasa kekeluargaan yang sangat besar.
Di dalam tema WE SERVE ada 3 prioritas yang selalu di usung oleh perusahaan mitra 10.
1. One CSA:Dimana Semua karyawan CSA seperti keluarga besar.dengan perbedaan yang ada justru akan membuat kita bekerja lebih sempurna untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat luas.
2. Customer Fokus:Dalam semangat We Serve, semua pelaku bisnis di CSA juga akan melakukan pelayanan pada para pelanggan, fokus pada kebutuhan mereka dan berupaya maksimal untuk memenuhinya.para pelanggan menjadi selalu berorietasi pada pelayanan serta peningkatan kepuasan terhadap CSA secara keseluruhan.
3. Performance Delivery:Jadi ketika menerapkan We Serve dan menjalankannya, sudah selayaknya kita akan memiliki dampak yang maksimal kepada diri sendiri dimana akan memberikan hasil yang mengagumkan kepada perusahaan.

PROSES MITRA10 MENYUSUN STRATEGY


PROSES MITRA10 MENYUSUN STRATEGY SERTA PENJELASAN EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI
Kesuksesan yang diperoleh Mitra  10 itu tentu tidak jatuh dari langit.  Itu merupakan proses panjang yang terintegrasi dalam seluruh kinerja dan komponen timnya. Mitra 10 ingin membuat pelanggan nyaman dan terkesan sejak pertama kali masuk ke halaman parkir hingga ke dalam outlet kami, service quality excellence.
Kunci sukses bisnis ritel, tidak hanya terletak pada “bagaimana menjual produk”.  Tetapi, “bagaimana peritel itu mampu memuaskan pelanggan dalam banyak aspek”.  Untuk mencapai sukses itu, banyak cara yang dapat dilakukan oleh peritel, salah satunya adalah  membuat para pelanggan terkesan, hingga pada akhirnya mereka loyal.
Tetapi semua itu tidak akan luput juga dari strategy-strategy yang dugunakan mitra10, berikut ini adalah proses bagaimana mitra10 membangun strategynya.

PROSES MENYUSUN STRATEGY  
DISTRIBUTOR PRODUK
Mitra10 tidak akan berjalan sampai saat ini tanpa adanya dukungan dari distributor.
Mitra10 yang dulunya hanya toko cat kecil biasa dan ingin mengembangkan bisnisnya, maka di carinya banyak distributor2 yang bisa menunjang bisnis dan penjualan mitra10.

Mitra10 telah bekerjasama dengan mitra usaha lokal maupun dari luar negeri untuk menyediakan pilihan produk-produk berkualitas. Varian produk yang dimiliki oleh Mitra10 sangat berkembang dengan pesat, kini Mitra10 telah dapat menyediakan lebih 65.000 jenis produk berkualitas untuk kepuasan pelanggannya.
Mitra10 membagi produk-produknya menjadi 12 produk kategori, yaitu :
Paint & Sundries
Floor & Wall
Plumbing
Bath & Kitchen
Hardware
Electrical & Lighting
Building Material
Door & Window
Tools
Hobbies
Home
Appliances
LOKASI PEMASARAN DAN PROMOSI
Kegiatan pemasaran dan promosi Mitra10 tidak hanya berhenti di situ. Dalam rangka pertumbuhan usaha dan menunjang pengembangan jaringan yang lebih luas, Mitra10 terus mencari lokasi-lokasi strategis untuk membuka cabang-cabang baru yang diharapkan akan  mampu menjangkau, memenuhi dan melayani kebutuhan masyarakat akan bahan bangunan dan home furnishingdengan kelebihan yang terletak pada suasana nyaman, kepastian harga, produk berkualitas serta pelayanan yang baik.
Saat ini Mitra10 memiliki 21 outlet yang terdiri dari 17 super stores dan 4 Mitra10 Express outlet:
Super stores
  • Jabotabek
    1. Kalimalang
    2. Cibubur
    3. Daan Mogot
    4. Percetakan Negara
    5. Bintaro
    6. New Depok
    7. Serpong
    8. Bogor
    9. Cakung
    10. Mauk
  • Luar Jabotabek
    1. Gatot Subroto, Denpasar, Bali
    2. By Pass, Denpasar, Bali
    3. Batam Island
    4. Medan, Sumatera Utara
    5. Wiyung, Surabaya
    6. Kedungdoro, Surabaya
    7. Palembang, Sumatera Selatan
Mitra10 Express 
  • Jabotabek
    1. Cikarang
    2. Fatmawati
    3. Pamulang
    4. Cinere
MEMBERSHIP
MANFAAT DAN KEUNTUNGAN MEMBERSHIP
Mitra10 selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan beragam produk pilihan dengan beragam layanan untuk pelanggan yang berbeda.
Mitra10 memiliki program-program marketing seperti program promosi yang menarik, layanan pelanggan, layanan purna jual, jasa pengantaran barang. Sedangkan untuk program-program promo yang ditawarkan, diinformasikan melalui brosur/flyers , iklan koran, radio, e-mail blast, sms blast dan web yang ditujukan ke pelanggan setia Mitra10.
Selain itu, memiliki layanan menarik untuk para pelanggan setia Mitra10, yaitu Program Membership dengan keuntungannya antara lain :
  • Discount 3%
  • Gratis Pengiriman
  • Gratis Design Consultation
  • Gratis Workshop
  • Gratis Newsletter
  • Penawaran Eksklusif
  • Undangan Acara Khusus
  • Hadiah Lucky Draw

KONSULTAN DESAIN DAN PENJUALAN  
Melengkapi kepuasan pelanggannya, Mitra10 menyediakan fasilitas Sales & Design Consultant, dimana pelanggan mendapatkan jasa pelayanan konsultasi interior design dan pelayanan pembuatan kitchen set serta jasa pemasangannya. Para pelanggan dapat langsung melihat secara visual di layar komputer seperti apa jadinya antara material bangunan dengan design yang diinginkan.

PENGHARGAAN
Mitra10 selalu berkomitmen untuk kepuasan pelanggan, terbukti dengan meraih sertifikasi dari majalah Marketing untuk “Service Quality Award” pada tahun 2009 dan“TOP Brand Award” pada 2010 dan 2013.

PROSES MITRA10 MENYUSUN VISI & MISI


Sebelumnya saya akan menjelaskan dengan singkat apa itu visi, misi, tujuan dan sasaran 
•         Visi adalah cita-cita dimasa depan yang difikirkan oleh pendiri atau pemimpin organisasi.
•         Misi adalah penjabaran dari visi kedalam statement organisasi yang terfokus kepada kebutuhan stakeholdernya.
•         Tujuan perusahan adalah pernyataan kualitatif mengenai keadaan atau hasil yang ingin dicapai dimasa yang akan datang.
PROSES VISI DAN MISI MITRA 10
Pada tahun 1966, Eka Sentosa (Alm.) bersama dengan Darmawan Putra Totong membuka toko cat kecil berukuran 40m2 di Jalan Gajah Mada 56, Jakarta. Toko ini diberi nama “Toko Tjat Sentosa” yang menjual produk cat yang masih jarang saat itu. Tidak hanya menjual cat, usaha terus berkembang dengan menjual bahan bangunan dengan produk yang lebih beragam.Sehingga di bukalah mitra10 yang menjual beragam kebutuhan bahan bangunan dan home improvement.
Dalam tahun 1997-1998 PT CMMS berhasil membuka 10 supermarket bahan bangunan dengan nama Mitra10 dan menerapkan konsep sebagai ritel satu atap yang dekat dengan pelanggan serta sentra penjualan bahan bangunan. Konsep ini membuat para pelanggan dapat berbelanja bermacam-macam produk dengan kategori dan jenis yang sangat lengkap, pada tempat yang nyaman dan  luas, dan juga dengan harga barang yang murah.



Kebutuhan masyarakat akan konsep berbelanja bahan bangunan dalam satu atap, tidak saja menjadi dominasi warga Jakarta. Daerah-daerah lain di luar Jakarta menjadi pertimbagan penting PT CMSS untuk memperluas jaringannya, di bagian Timur pada tahun 2001 membuka cabang di Bali. Sejalan dengan perkekmbangannya, maka pada tahun 2002 membuka di Surabaya, Batam 2005, Medan 2008, dan pada tahun 2009 toko kedua di bypass Bali. Sekarang, total toko Mitra10 sebanyak 20 toko, dimana pada tahun 2012 dibuka store baru di Cakung dan Bogor. Dan masih akan dibuka lagi toko-toko Mitra10 di tempat-tempat strategis lainnya.
Dengan ini mitra10 membuat misi
Menjadi Perusahaan Nasional terdepan dibidang Ritel & bahan bangunan di Indonesia dan Asia Tenggara

MISI MITRA10
1.      Mengutamakan kepentingan bersama bagi semua pihak terkait 
Mitra10 selalu menjaga kepentingan dari semua pihak, dari pemegang saham, karyawan dan dari dristributor-distributor yang bekerjasama dengan mitra10.
2.      Memberikan pelayanan terbaik 
Peyanan terbaik kepada pelanggan adalah salah satu misi yang paling penting dari mitra10 sehingga visi dari mitra10 menjadi terlaksana.
Dengan memberikan training berkala sehingga karyawan bisa melayani customer dengan yang diharapkan customer bahkan bisa lebih.
3.      Meningkatkan Manajemen Supply Chain dan Inovasi Produk secara berkesinambungan 
Misi ini juga sangat mempengaruhi berhasil tidaknya mitra10 untuk menjadi perusahaan nasional terdepan.oleh karena itu mitra10 selalu meningkatkan manajemen produk dari distributor-distributor yang sudah bekerjsama dengan mitra10.dengan memberikan produk-produk unggulan dan berkualitas.

4.      Kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat 
Mitra10 selalu peduli terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar dengan memberikan beberapa program dari mitra 10.
·         Diantaranya program donasi, donasi akan di salurkan kepada orang-orang yang membutuhkan.
·         Aksi donor darah, setiap 3 bln sekali.
·         WVI Dan mitra10 mendukung kesehatan gizi di papua.Rabu, 9 Oktober 2013 merupakan awal kerjasama Wahana Visi Indonesia dengan Mitra 10, perusahaan ritel bahan bangunan yang memiliki jaringan luas di tingkat nasional. Keduanya sepakat berkolaborasi melakukan penggalangan dana di seluruh cabang Mitra 10 se-Indonesia untuk mendukung kesejahteraan anak-anak di Papua.
·         Dan di tahun 2016 mitra10 seluruh indonesia membuat program 1001 sepatu untuk anak indonesia yang kurang mampu.
Dan masih banyak lagi program-progam mitra10 dengan lingkungan dan masyarakat.
5.      Mengoptimalkan sumber daya manusia 
Untuk meningkatkan SDM ada 3 poin mitra10
Soft Skills
Untuk skills karyawan mitra10 membuat training untuk care dan training produk-produk yang ada di mitra10.
Team Managemen
Mitra 10 juga membuat team manajemen sehingga semua yang ada di mitra10 bisa terorganisir dengan baik dan lancar.
System Managemen
Selain itu system manajemen juga sangat berpengaruh jadi mitra10 selalu membuat system manajemen yang baik untuk keberhasilan perusahaan.
VALUE
Integritas :kejujuran semua karyawan sangat di jalankan di mitra10 sebagai penunjang visi misi mitra10.
Inovasi :mitra10 selalu memberikan inovasi-inovasi baru untuk semua pelanggan.inovasi dari mitra10 dan juga inovasi dari karyawan.
Penghargaan :mitra10 mendapat penghargaan tapi juga mitra10 memberi penghargaan kepada karyawan yang bisa memberi kontribusi yang baik kepada mitra10.
Dengan ini mitra 10 mengusung semboyan yang sangat tepat.dan juga mitra 10 membuat visi misi sudah sangat tepat.
MITRA 10, MURAH LENGKAP DAN NYAMAN...

RUMUSAN KEKUATAN INTI & KELEMAHAN


RUMUSAN KEKUATAN DAN KELEMAHAN,DAN KEKUATAN INTI UNTUK MENGHADAPI SETIAP PELUANG DAN ANCAMANNYA
 
TABEL RENCANA OPERASIONAL PERUSAHAAN MITRA 10
TUJUAN SRATEGIS
SASARAN
STRATEGI
PROGRAM
INDIKATOR KINERJA
·one stop shopping in mitra10
2.4 triliun per tahun
Mencapai target penjualan setiap bulannya
Konsultasidesign dan Membuat pelayanan tebaik, cepat, dan efesien
Pelayanan yang terbaik akan menunjang pencapian target, sehingga akan apa yang di harapkan bisa tercapai
·Menjadi perusahaan nasional terdapan di bidangnya
Membuka cabang di setiap kota di indonesiasetiap tahunnya
bertumbuh dan mengembangkan mitra 10
Mencari lokasi yang strategis dan komitmen untuk membuka cabang
Setiap tahun sudah membuka beberapa cabang di beberapa kota dan sudah terprogram di tahun2 sebelumnya
Studi kasus : Rumuskan Kekuatan dan kelemahannya,kemudian carilah kekuatan inti perusahaan tersebut untuk menghadapi setiap Peluang dan Ancamannya.

Strength (kekuatan) :
  • Perusahaan ritel bahan bangunan yang mempunyai distributor dan produk yang banyak dan berkualitas 
  • Pelayanan yang ramah, serta konsultasi yang efesien
  • System yang selalu terupdate antara fisik dan system
  • Promo yang selalu banyak 
  • Membership yang menguntungkan banyak pelanggan 
  • Konsultasi design sesuai keinginan customer
Weakness (kelemahan) :
  • Tarif atau ongkos kirim yang di batasi
  • Waktu pengiriman yang di jadwal dan terkadang tidak tepat waktu 
  • Antrian di CS saat pengambilan barang yang dibeli pelanggan dan yang akan dibawa langsung oleh pelanggan
  • Prosedur retur & refund yang lama
  • Gudang toko yang kurang memadai
  • Fasilitas karyawan yang kurang memadai 
Opportunity (peluang) :
  • Dapat bersaing dengan ritel bahan bangunan yang lain
  • Menjadi perusahaan nasional terdepan di bidangnya
  • Lebih banyak pelanggan 
  • Memperbanyak mitra bisnis dan membership seperti kontraktor
  • Memperbanyak suplier dan produk-produk baru dan berkualitas
  • Menambah investor baru
Threats (ancaman) :
  • Ada promo yang lebih murah di ritel bahan bangunan yang lain
  • Produk yang sama antara ritel bahan bangunan yang lain
  • kompetitor berada ditempat & lokasi yang lebih strategis
  • Begitu banyak yang kompetitor-kompetitor yang membuka perusahaan dibidang yang sama
  • Banyak kontraktor yang selalu membangdingkan harga dan membandingkan promo  
  • Produk yang lebih berkualitas
  • Waktu pengiriman yang sudah di tentukan dengan cepat  
Kekuatan inti dari mitra 10 adalah dari segi pelayanan dan konsultasi yang ramah, bagus dan efesien sehingga pelanggan bisa kembali dan tidak mau belanja di ritel lain, karena pelanggan yang terkesan dan memiliki rasa di hormati disaat belanja, maka promo tidak akan menjadi masalah.sehingga pelanggan bisa puas akan pelayanan di mitra 10.

Value Chain Analysis MITRA 10
 
Klik kanan view gambar untuk memperbesar 


KUESIONER INTERNAL & EKSTERNAL FAKTOR ANALYSIS MITRA10


KUESIONER INTERNAL & EKSTERNAL FAKTOR ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI KEKUATAN (STRENGTH)
KUESIONER INTERNAL & EKSTERNAL FAKTOR ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI KELEMAHAN (WEAKNES)
KUESIONER INTERNAL FAKTOR & EKSTERNAL ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI PELUANG (OPPORTUNITIS)
KUESIONER INTERNAL FAKTOR & EKSTERNAL ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI ANCAMAN (THREAT)
             







Kesimpulan:
Berdasarkan hasil-hasil yag didapat dari analisis internal dan eksternal pada table, seperti dituliskan di atas, hasilnya dapat dirangkum sebagai berikut:
* Skor Total Kekuatan            : 3.78
* Skor Total Kelemahan         : -1.57
* Skor Total Peluang              : 3.81
* Skor Total Ancaman            : -3.16


Demikian analisis kuesioner internal & eksternal faktor analisis mitra10

MATRIK ANALISIS SWOT MITRA10

MATRIK ANALISIS SWOT MITRA 

  • Berpijak dari skor total ini, maka penentuan posisi Dinas Pendidikan Surabaya dapat digambar sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada  Gambar dibawah.
  • Untuk mencari koordinatnya, dapat dicari dengan cara sebagai berikut:
          Koordinat  Analisis  Internal
         (Skor  total Kekuatan - Skor Total Kelemahan) : 2 =
         (3,78 – 1,57) : 2 = 1,105
         Koordinat  Analisis Eksternal
         (Skor total Peluang - Skor Total Ancaman) : 2 


Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I namun cenderung dekat pada kuadran IV sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini


 



 

Variasi Strategi

VARIASI STRATEGI MITRA10

Kuadran I ( S O Strategi )

Strategi perusahaan mitra10 adalah  pengembangan produk  yang masih tinggi di pasaran di tangkap dengan menjamin kualitas barang .

Pengembangan Produk (Product  Development)
Meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada.
(Sincere&Zehn bahan pholish nano)

Strategi yang digunakan :
  • produk baru yaitu “Sincere dan Zehn berbahan Marbel & Micro Crystall” 
  • Dibanding dengan produk pesaing di pasaran kualitas produk  sincere&Zehn lebih berkualitas untuk peminat granit yang tinggi.
  • Perusahaan memiliki teknologi pengembangan produk yang sukses dulu dengan bahan polish nano dan sekarang di tingkatkan dengan bahan marbel&micro crystall.
Kaitanya dengan Kuadran (SO Strategi) :
Peminat bahan granit yang masih tinggi seperti bahan “pholish nano” yang belum mampu memenuhi kebutuhan di pasdaran di tangkap dengan mengembangkan kualitas produk dengan granit yang berbahan “marbel & mocro crystall”.

Kuadran II ( S T Strategi )

Strategi perusahaan mitra10 adalah  pengembangan bahan produk  granit yang sama antara pesaing dan mitra10 ditangkap dengan menjamin kualitas barang .

Pengembangan Produk (Product  Development)
Meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sama
(granit bahan pholish nano)

Strategi yang digunakan : 
  • Produk yang sama “GRANIT”
  • Dibanding dengan produk pesaing di pasaran kualitas produk  “GRANIT” lebih berkualitas untuk 
  • Perusahaan memiliki teknologi pengembangan produk yang sukses dulu dengan bahan polish nano dan sekarang di tingkatkan dengan bahan marbel&micro crystall.


Kaitanya dengan Kuadran II (ST Strategi)  :
Meningaktkan produk GRANIT yang sama dengan pesaing di tangkap dengan menjamin kualitas produk yaitu dengan meningkatkan bahan.yaitu MARBEL. 

Kuadran III ( W O Strategi )

Strategi mitra 10 Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang

Penetrasi Pasar (Market Penetration)
Meningkatkan pangsa pasar yang ada untuk produk tertentu melalui usaha pemasaran secara besar-besaran.

Strategi yang digunakan :
  • Dengan sertifiasi atau meningkatkan kualitas pegawai untuk menambah kekuatan untuk berkonsultasi ke customer dan meningkatkan penjualan sehingga perputaran pegawai bisa diminimalisir. 
  • Melalui kegiatan promo-promo atau sebar brosur yang dapat menginformasikan kepada customer beberapa promo di mitra10.atau dengan media sosial dan website.
  • Melakukan service atau pelayanan lebih untuk menginformasikan keunggulan-keunggulan produk Sincere dan Zehn.
  • Melakukan program mitra10 murah lengkap dan nyaman yaitu jika ada harga 2x lebih murah langsung di ganti sama mitra10 untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.
 Kaitanya dengan Kuadran III (WO Strategi)
meningkatkan kualitas pegawai dan produk knowlide dan juga menambah promo itu untuk meningkatkan penjualan dan menimilasir perputaran pegawai sehingga mencakup kepercayaan customer terhadap mitra10.


Kuadran IV (W T Strategi )

Strategi mitra10 mengurangi asset dan pegawai dari beberapa unit produksi yang sudah tidak produktif
Pengurangan  (Rentrenchment)
Penghematan biaya dengan cara  mengurangi sebagian dari asset perusahaan untuk menanggulangi turunnya penjualan dn keuntungan.
Strategi yang digunakan :
  • dengan memberi training berkala kepada setiap divisi sehingga menjadi produktif dan effesien
  • mencari kendala yang membuat setiap unit menjadi tidak produktif.dan memberikan solusi
  • membuat reward untuk pegawai yang berprestasi sehingga membuat pegawai setiap divisi menjadi effesien.
 Kaitanya dengan kuadran IV (WT Strategi) :

dengan membuat training dan beberapa pembenahan disetiap divisi dan juga memberi reward kepada pegawai akan menimimalisir pengurangan pegawai dam membuat penjualan dan unit divisi meningkat.

BISNIS PROSES PENJUALAN MITRA10


TABEL ANALISA PERSAINGAN MITRA10 DENGAN PESAING UTAMA


TABEL ANALISA PERSAINGAN MITRA10 DENGAN PRODUK PENGGANTI

COMPETITIVE ADVANTAGE
Demikian strategy dan taktik perusahaan PT.CATUR MITRA SEJATI SENTOSA semoga bermanfaat.
Di Jabarkan Oleh:Miftahur Rohman Universitas NAROTAMA SURABAYA




0 komentar:

Posting Komentar